Presentasi Bisnis Plan

Bismillah..

Kemarin, tepatnya hari Rabu, 04 Januari 2012 kami (D4 ITB batch 5) ditugaskan oleh mas Pur untuk membuat bisnis plan. kami diberikan waktu sampai jam 14.00 untuk mengerjakan bisnis plan tersebut, kemudian dipresentasikan di depan kelas. Walaupun ini bukan merupakan pengalaman saya yang pertama dalam membuat Bisnis Plan, tetap saja masih perlu latihan lagi. Karena ibaratnya pisau tajam yang tidak pernah diasah akhirnya tumpul juga.

Bisnis plan yang saya buat masih sangat sederhana, yakni dengan Merk ” Toko online busana muslimah Gatasyi”. Gatasyi di sini memiliki arti Gaul Tapi Syar’i. Yupz, di sini saya mencoba berbisnis sambil mereguk manfaat. Ibaratnya sambil menyelam minum air..:)

Sebenarnya pilihan ini saya ambil karena hobi saya memang hunting busana muslimah yang syar’i. Meskipun di toko baju saat ini sudah banyak penjualan busana muslimah, tapi bagi saya tidak terlalu mudah untuk menemukan busana yang syar’i. Nah, oleh sebab itulah saya mencoba mengemas hobi saya itu menjadi bisnis plan. Semoga bermanfaat dan berkah. Aamiin.

Selain itu, saya juga memiliki impian untuk Indonesia kedepannya dipenuhi oleh muslimah yang mengenakan busana muslimah yang syar’i. Kenapa harus syar’i? karena jika berjilbab saja itu belum cukup… apalagi jika kita lihat realita di lapangan, masih ada yang mengenakan jilbab namun lengan bajunya sampai siku, roknya ketat atau pakaian yang masih membentuk lekuk tubuh. Semoga dengan ini saya bisa memfasilitasi saudari – saudari muslimah untuk memilih busana yang lebih syar’i. Aamiin.

Saya mencoba untuk memulainya dengan berjualan baju muslimah, gamis, dan rok panjang. Sebenarnya terbesit juga untuk memasukkan kerudung / jilbab ke dalam salah satu produk yang akan dijual. Namun untuk awal bisnis ini, saya mencoba dari hal yang sederhana terlebih dahulu.

Konsep bisnis plan ini adalah reseller busana muslimah. Jadi saya akan survey terlebih dahulu ke beberapa supplier untuk kemudian bekerjasama dengan pihak tersebut. Kemudian jika ditilik dari pemasarannya, saya akan mencoba memasarkan melalui facebook dan twitter. Karena untuk saat ini kedua jejaring sosial tersebut sedang marak digandrungi oleh kalangan remaja maupun dewasa.

Target penjualannya yakni untuk remaja muslimah (seperti siswi dan mahasiswi) dan ibu rumah tangga.

Penasaran dengan produk yang akan saya jual? mari kita lihat gambar di bawah ini:

 

Langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah survey ke pasar tanah abang untuk bisnis plan busana muslimah ini.

Semangat!!!

 

 

 

About Sheilla Rizkia Ferianty

Semangat!

Posted on 05/01/2012, in Technopreneur and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

